Skip to main content

Jilid4| Tehnik Animasi Tweening, pengertian dan jenis-jenis Animasi Tweening

 

     Tehnik Animasi Tweening 2D

Hy,, sahabat multimedia,,tahukah kamu apa yang di maksud dengan tehnik Tweening?,,pada pembahasan gudangilmupedia 2,telah dibahas cara membuat  gambar objek sederhana menggunakan aplikasi 2D,, apabila sahabat pedia sudah paham di pembahasan sebelumnya,,selanjutnya kita akan membahas tehnik Tweening di bawah ini.


A. Pengertian Tehnik Tweening Animasi 2D

    Tweening adalah proses pembuatan gerakan animasi dengan cara memberikan perubahan gerakan disetiap posisi atau bentuk objek dengan menentukan gerakan atau keyframe awal ke akhir sehingga dapat membentuk gerakan atau frame-frame baru.
  Fungsi utama dari tehnik Tweening adalah menggerakkan objek dari satu gerakan ke gerakan lainnya,,semakin banyak frame yang diberikan disetiap gerakan,maka semakin halus dan akurat gerakan animasi atau objek.
Produksi animasi dua dimensi berbasis vektor, tweening dengan didukung fitur onion skin.

 Jenis Teknik Animasi Tweening

Teknik tweening dibagi menjadi beberapa jenis menurut objek yang akan dianimasikan. Antara lain:


•° Motion tweening adalah teknik yang digunakan untuk memberikan animasi merubah posisi dari suatu objek, mengubah ukuran suatu objek, mengubah visibilitas (seperti kecerahan atau kedalaman warna) suatu objek. Sebuah objek dapat dianimasikan menggunakan teknik motion tween hanya jika objek berbentuk symbol (biasanya secara otomatis objek akan menjadi symbol jika diberikan teknik ini) Apabila objek bukan dalam bentuk symbol maka pemberian animasi motion tween ini akan gagal atau objek tidak akan bergerak.

•° Shape tween, adalah teknik yang digunakan untuk memberikan animasi perubahan bentuk pada suatu objek. Misal perubahan bentuk kotak menjadi segitiga atau sebaliknya dan perubahan bentuk lainnya. shape tween objek harus dalam bentuk shapes. Jika objek dalam bentuk symbol maka penerapan shapes tween akan gagal, untuk merubahnya bisa dengan melakukan break a part pada objek yang berbentuk symbol.

•° classic tween. Jenis ini hampir sama dengan motion tween yaitu digunakan untuk animasi mengubah posisi atau ukuran dari sebuah objek. Objek pun harus dalam bentuk symbol.

•° guide tween. Teknik guide tween digunakan untuk mengubah posisi atau ukuran dari sebuah objek dengan menambahkan garis lintasan gerak pada layer guide sehingga objek yang dianimasikan akan bergerak mengikuti lintasan garis yang telah ditentukan. agar objek mengikuti lintasan maka pada keyframe awal objek harus berada di atas garis awal dari lintasan dan pada keyframe akhir objek harus berada pada ujung lintasan.





Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->